COMPANY GATHERING | TUJUAN & MAKSUD

Tujuan & Maksud Company Gathering. Sebenarnya apakah gathering atau ada juga yang menambil istilah "outing". Mengapa  banyak perusahaan atau instansi membuat perencaan untuk kegiatan gathering ini yang terkesan justru seperti menghamburkan uang untuk sekedar bersenang – senang ?
Justru sekarang ini, kegiatan outing gathering menjadi trensetter perusahaan atau instansi mengadakan gathering / outing, entah dengan nama company gathering, family gathering, ataupun sejenisnya dengan maksud dan tujuan tertentu. Baik itu yang melibatkan keluarga si karyawan sehinga disebut family gathering.
Ada juga yang hanya diikuti oleh karyawan itu sendiri, baik satu perusahaan maupun per divisi.


Apa Manfaat dan Tujuan Gathering ?

Sebenarnya apa saja manfaat dan tujuan gathering / outing bagi sebuah instansi atau perusahaan ? Sepadankah dengan biaya yang dikeluarkan perusahaan? Disini kita mengulas secara ringkas mengenai gathering atau outing .

Arti gathering atau outing adalah kegiatan kumpul bersama yang ditujukan bagi perusahaan (employee gathering) atau keluarga (family gathering) yang di kemas dalam acara rekreasi, yang di lakukan dalam suasana yang menyenangkan dan disisipkan dengan beberapa bentuk games seperti (outbound, paintball, rafting, dll) yang di sesuaikan dengan kegiatan program wisata yang bertujuan untuk membangun keakraban, kebersamaan antar individu. 

Manfaat dari gathering atau outing : 


Sebagai media / sarana refreshing.

Perusahaan atau instansi ditengah pekerjaan dengan tingkat tekanan tinggi, persaingan yang makin ketat, tuntutan pelayanan kepada pelanggan, proses produksi yang cepat tanpa henti membuat karyawan berada dalam tekanan atau tingkat stress yang tinggi pula serta sebagai media untuk memberikan penghargaan kepada karyawan yang sudah loyal. Perusahaan memandang perlu membuat agenda corporate outing gathering ini sebagai sarana refreshing bagi karyawan.

Mempererat hubungan antar karyawan.

Pimpinan yang jeli saat melihat ketidakharmonisan hubungan relasi dalam kantor. Bisa jadi itu tidak berbentuk konflik, tapi sekadar pengelompokan antar karyawan. Agar kondisi ini tidak semakin memperburuk keadaan yang akan berpengaruh pada efisiensi & efektifitas kerja maka perusahaan perlu memecah pengelompokan ini sehingga terjalin relasi baru yang lebih terbuka antar karyawan.

Membentuk team work yang solid.

Didalam sebuah perusahaan atau instansi biasanya melakukan restrukturisasi (promosi / mutasi jabatan, pensiun, karyawan pindah kerja, dll) sehingga lingkungan kerja yang sebelumnya sudah berjalan kondusif pastinya memerlukan team work baru yang solid. Beberapa permainan atau games biasanya dikemas untuk tujuan membangun team work saat berkegiatan outing gathering. Masing-masing permainan memiliki tujuan untuk melatih tiap indvidu dalam membangkitkan kekompakan dan kerjasama dalam kelompok yang lebih besar.

Memperbaiki konflik dan friksi.

Bisa dibilang hampir tidak ada perusahaan atau instansi yang steril dari konflik dan friksi. Kompetisi yang tinggi, kesenjangan penghasilan, dll. Salah satu media untuk meng eliminir kondisinya dapat dilakukan dengan kegiatan gathering atau outing ini. 

Menambahkan Kretifitas dan ide - ide baru

Corporate outing juga mampu memberikan stimulasi kepada karyawan untuk mendapatkan ide-ide baru bagi perusahaan. Dimana saat karyawan merasa nyaman, relax, biasanya otak akan bekerja menjadi lebih maksimal dan dari sinilah ide-ide dan krativitas tercipta dan muncul.

Tujuan dari gathering atau outing : 

Membentuk kebersamaan. 

Tujuan utama dalam mengadakan gathering adalah untuk membentuk kebersamaan. Jika rasa kebersamaan sudah tertanam di masing – masing individu maka akan ada rasa tanggung jawab, kepedulian, rasa setia kawan, saling membantu, problem solving dan lain sebagainya.

Membentuk team building. 

Semua anggota yang telah mengikuti kegiatan gathering untuk terus sadar dan mengetahui bahwa mereka adalah bagian dari tim.

Peningkatan Kinerja dan pelayanan secara maksimal 

Adanya peningkatan kinerja dengan harapan akan adanya pula peningkatan penjualan barang pada perusahaan atau instansi dan juga pelayanan yang lebih baik lagi.