Langsung ke konten utama

NEW NORMAL | Prosedur Untuk Event Organizer


Berbagai prosedur terkait dengan Protokol Kesehatan di tengah Pandemi COVID-19 yang melanda secara global ini menuntut perilaku Kebiasaan baru atau diistilahkan dengan NEW NORMAL.

Seluruh sektor kehidupan termasuk penyelenggaraan jasa Event Organizer diwajibkan mengacu pada aturan dan prosedur Protokol Kesehatan ini.

PROTOKOL KESEHATAN BIDANG EO MICE

Protokol kesehatan terkait penyelenggaraan event ini diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Dalam aturan itu dijabarkan, penyelenggaraan event yang dimaksud adalah seminar, konferensi nasional maupun internasional, perjalanan insentif, konferensi, dan pameran.

Penyelenggaraan event/pertemuan merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan orang-orang di satu tempat, melakukan serangkaian aktivitas yang teratur untuk memperoleh suatu informasi atau menyaksikan suatu kejadian. Jenis-jenis penyelenggaraan event atau kegiatan seperti penyelenggaraan seminar, konferensi nasional maupun internasional, perjalanan insentif, konferensi dan pameran. Kegiatan ini berpotensi terjadinya penularan COVID-19 karena mengumpulkan orang dalam waktu dan tempat yang sama.

Untuk itu perlu dilakukan upaya pencegahan penularan COVID-19 dengan penerapan protokol kesehatan yang diatur di bawah ini. Terhadap event atau kegiatan tertentu yang secara khusus protokol kesehatannya telah diatur maka mengacu pada protokol kesehatan tersebut.
Bagi Pengelola/Penyelenggara/Pelaku Usaha
  1. Memperhatikan informasi terkini serta himbauan dan instruksi pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait COVID-19 di wilayahnya. Informasi secara berkala dapat diakses pada laman https://infeksiemerging.kemkes.go.id, www.covid19.go.id, dan kebijakan pemerintah daerah setempat.
  2. Memastikan seluruh pekerja/tim yang terlibat memahami tentang pencegahan penularan COVID-19.
  3. Memasang media informasi di lokasi-lokasi strategis untuk mengingatkan pengunjung/peserta agar selalu mengikuti ketentuan jaga jarak minimal 1 meter, menjaga kebersihan tangan dan kedisiplinan penggunaan masker.
  4. Menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun yang memadai dan mudah diakses oleh pekerja/peserta /pengunjung.
  5. Menyediakan hand sanitizer di area pertemuan/kegiatan seperti pintu masuk, lobi, meja resepsionis/registrasi, pintu lift dan area publik lainnya.
  6. Jika pertemuan dilakukan di dalam ruangan, selalu menjaga kualitas udara di ruangan dengan mengoptimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari, serta melakukan pembersihan filter AC.
  7. Melakukan pembersihan dan disinfeksi secara berkala (paling sedikit tiga kali sehari) terutama pada pegangan pintu dan tangga, kursi, meja, mikrofon, tombol lift, pintu toilet dan fasilitas umum lainnya.
  8. Larangan masuk bagi pengunjung/peserta/petugas/pekerja yang memiliki gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak napas.
  9. Proses pelaksanaan kegiatan:
  • Pre Event
  • Saat tamu Datang
  • Saat Pelaksanaan
  • Saat tamu Meninggalkan Lokasi
a) Pre-event/sebelum pertemuan
  1. Tetapkan batas jumlah tamu/peserta yang dapat menghadiri langsung pertemuan/event sesuai kapasitas venue.
  2. Mengatur tata letak (layout) tempat pertemuan/event (kursi, meja, booth, lorong) untuk memenuhi aturan jarak fisik minimal 1 meter.
  3. Sediakan ruang khusus di luar tempat pertemuan/event sebagai pos kesehatan dengan tim kesehatan.
  4. Menyebarkan informasi melalui surat elektronik/pesan digital kepada pengunjung/peserta mengenai protokol kesehatan yang harus diterapkan saat mengikuti kegiatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak minimal 1 meter, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer dan etika batuk dan bersin.
  5. Reservasi/pendaftaran assessment dan mengisi form self risiko COVID-19 secara online (form 1), jika hasil self assessment terdapat risiko besar maka tidak diperkenankan mengikuti acara pertemuan/kegiatan. 
  6. Pembayaran dilakukan secara daring (online).
  7. Untuk peserta/pengunjung dari negeri, penerapan cegah keberangkatan/kedatangan luar daerah/luar tangkal penyakit saat mengikuti ketentuan protokol kesehatan peraturan yang berlaku.
  8. Memastikan pelaksanaan dilakukan oleh semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut termasuk pihak ketiga (vendor makanan/vendor sound system dan kelistrikan/vendor lainnya yang terkait langsung.
  9. Menyediakan alat pengecekan suhu di pintu masuk bagi seluruh pengunjung/peserta/pekerja/pihak lain yang terlibat.
  10. Mempertimbangkan penggunaan inovasi digital dan teknologi untuk mengintegrasikan pengalaman virtual sebagai bagian dari acara/event.
  11. Menginformasikan kepada peserta untuk membawa peralatan pribadi seperti alat sholat, alat tulis dan lain sebagainya.
  12. Menyiapkan rencana/prosedur kesehatan, mitigasi paparan dan evakuasi darurat yang sesuai dengan pertemuan/event yang direncanakan.
b) Ketibaan tamu/peserta
  1. Memastikan semua yang terlibat dalam kegiatan tersebut dalam kondisi sehat dengan melakukan pengukuran suhu tubuh di pintu masuk. Apabila ditemukan suhu > 37,3 derajat C (2 kali pemeriksaan dengan jarak 5 menit), maka tidak diperkenankan masuk ke acara pertemuan/kegiatan.
  2. Memastikan semua yang terlibat tetap menjaga jarak minimal 1 meter dengan berbagai cara, antara lain seperti penerapan prosedur antrian, memberi tanda khusus di lantai, membuat jadwal masuk pengunjung dan dibagi-bagi beberapa gelombang atau pengunjung diberi pilihan jam kedatangan dan pilihan pintu masuk, pada saat memesan tiket, dan lain sebagainya.
  3. Menyiapkan petugas di sepanjang antrian untuk mengawasi aturan jaga jarak, pakai masker, sekaligus sebagai pemberi informasi kepada pengunjung/peserta.
c) Saat tamu/peserta berada di tempat pertemuan/event
  1. Jika menggunakan tempat duduk, kursi diatur berjarak 1 meter atau untuk kursi permanen dikosongkan beberapa kursi untuk memenuhi aturan jaga jarak.
  2. Tidak meletakkan item/barang yang ada di meja tamu/peserta dan menyediakan item/barang yang dikemas secara tunggal jika memungkinkan seperti alat tulis, gelas minum dan lain-lain.
  3. Tidak dianjurkan untuk menyelenggarakan event dengan model pengunjung/penonton berdiri (tidak disediakan tempat duduk) seperti kelas festival dikarenakan sulit menerapkan prinsip jaga jarak.
  4. Penerapan jaga jarak dapat dilakukan dengan cara memberikan tanda di lantai minimal 1 meter.
  5. Jika menyediakan makan/minum yang disediakan diolah dan disajikan secara higienis. Bila perlu, anjurkan tamu/peserta untuk membawa botol minum sendiri, disediakan dengan sistem konter/stall dan menyediakan pelayan yang mengambilkan makanan/minuman.
  6. Bila mungkin, pengunjung disarankan membawa alat makan sendiri (sendok, garpu, sumpit)
d) Saat tamu/peserta meninggalkan tempat pertemuan/event
  1. Pengaturan jalur keluar bagi tamu/peserta agar tidak terjadi kerumunan seperti pengunjung yang duduk di paling belakang atau terdekat dengan pintu keluar diatur keluar terlebih dahulu, diatur keluar baris per baris, sampai barisan terdepan dan lain-lain.
  2. Memastikan proses disinfeksi meja dan kursi serta peralatan yang telah digunakan tamu/peserta dilakukan dengan tingkat kebersihan yang lebih tinggi.
  3. Memastikan untuk menggunakan sarung tangan dan masker saat melakukan pekerjaan pembersihan dan saat menangani limbah dan sampah di tempat pertemuan.
  4. Melakukan pemantauan kesehatan tim/panitia/ penyelenggara.

ARTIKEL BLOG :


Postingan populer dari blog ini

ORCHID FOREST LEMBANG BANDUNG | Tempat Outbound Tema Hutan

ORCHID FOREST LEMBANG , merupakan kawasan wisata dengan konsep ekowisata berthema kebun anggrek di Bandung. Kawasan wisata Orchid Forest Lembang dikembangkan dengan konsep terpadu sebagai pusat budidaya, konservasi dan penangkaran tanaman / bunga anggrek langka berkelas dunia. Meskipun belum sepenuhnya selesai pembangunannya, lokasi wisata outbound di Lembang Bandung ini mulai diuji coba operasional pertengahan Agustus 2017. baca juga :  36 Tempat Wisata di Lembang Melengkapi kenyamanan saat beraktiftas di tempat wisata Orchid Forest Lembang Bandung ini, pengelola menyediakan beberapa fasilitas pendukung berupa sarana aktifitas outbound, aktifitas olah raga dan leisure. Taman wisata dengan thema berbagai jenis bunga anggrek ini, dilengkapi juga beberapa jenis tanaman langka lainnya seperti bunga bangkai. Dengan konsep ini , kawasan Orchid Forest dikembangkan tidak hanya sebagai tujuan wisata umum, konsep pendidikan atau wisata edukasi menjadi unggulan di tempat wisata ini. Peng

27 TEMPAT WISATA OUTBOUND UNTUK ANAK | Outbound di Lembang dan Bandung

Tempat Wisata Outbound Untuk Anak  di Lembang Bandung. Bandung menawarkan banyak pilihan wisata outbound khusus anak-anak dan keluarga. Konsep kegiatan outbound dengan  muatan pendidikan ini ditawarkan oleh EO Octagon Indonesia untuk wisata outbound dengan konsep belajar dan bermain. Untuk kegiatan Family Gathering EXXO sudah sediakan beberapa pilihan konsep kegiatan : wisata outbound berupa program terpadu dengan simulasi permainan yang melibatkan anak dan orang tua, wisata outbound dikemas secara terpisah dengan disesuaikan karakteristik peserta dan usia. baca juga : 36 Tempat Wisata di Lembang TEMPAT WISATA OUTBOUND UNTUK ANAK & FAMILY GATHERING DI BANDUNG  Khusus Wisata Outbound di Lembang Bandung ini , paket untuk usia anak - anak tersedia Program Outbound Character Building berupa aktifitas wisata edukasi untuk pelajar PAUD, TK maupun SD dan SMP. Teriakan anak - anak terdengar sangat nyaring saat pemandu dari EO Octagon Indonesia memberi instruksi untuk membawa

OUTBOUND KONSEP PANTAI

Wisata Pantai dengan pemandangan eksotik banyak tersebar di Indonesia, mulai dari Bali, Lombok, Bangka Belitung, sampai dengan Wisata Pangandaran, Anyer, Tanjung Lesung dan Kepulauan Seribu atau Pulau Tidung. Pantai memang menjadi destinasi pilihan saat mengadakan kegiatan baik di lihat dari segi keindahan maupun kenyamanan. Tidak perlu games yang membutuhkan banyak tenaga cukup games sederhana yang bisa membuat acara menjadi seru dan bahagia. WATERSPORT OUTBOUND UNTUK KEGIATAN OUTING OUTBOUND GATHERING DENGAN KONSEP PANTAI  Suara deburan ombak serta udara tropis serta pohon kelapa merupakan visualisasi panorama saat kita berada di pantai. Beberapa aktifitas olah raga air atau yang dikenal dengan istilah watersport menjadi aktifitas wajib bagi para pelancong atau wisatawan. Snorkeling, Jetski, Banana Boat, Sea Kayak, Pedal Boat atau hanya sekedar berenang di tepi pantai menjadi aktifitas seru saat kita memilih konsep pantai untuk tujuan Outing Outbound Gathering. Beberapa ak

PAKET GATHERING

Jasa eo outbound gathering di Bandung - Untuk memenuhi kebutuhan acara group perusahan, organisasi, instansi pemerintah maupun acara sekolah, EO Bandung menyediakan beberapa paket khusus gathering, PT.Angkasa Pura II di Lembang Bandung Gathering merupakan suatu kegiatan untuk keluarga besar, komunitas ataupun perusahaan yang diadakan pada waktu tertentu di satu lokasi baik di dalam maupun luar ruangan dengan tema yang telah disepakati, guna menjalin tali silaturahmi, membangun keakraban dan rasa kekeluargaan. Kegiatan ini secara fisik, pikiran, dan emosional tidak terlalu berat. Lebih dominan kepada unsur hiburan. Seperti misalnya bersama-sama berkunjung ke wahana wisata tertentu, makan bersama ditambah dengan hiburan musik, artis, ataupun permainan yang menyenangkan, dan lain sebagainya. Aktivitas yang dilakukan lebih tertuju pada aspek menyenangkan sehingga tidak membutuhkan persiapan khusus. Rapat Kerja PT Angkasa Pura II di Crown Plaza Bandung Dilingkup perusa

COMPANY GATHERING | TUJUAN & MAKSUD

Tujuan & Maksud Company Gathering . Sebenarnya apakah gathering atau ada juga yang menambil istilah "outing". Mengapa  banyak perusahaan atau instansi membuat perencaan untuk kegiatan gathering ini yang terkesan justru seperti menghamburkan uang untuk sekedar bersenang – senang ? Justru sekarang ini, kegiatan outing gathering menjadi trensetter perusahaan atau instansi mengadakan gathering / outing, entah dengan nama company gathering , family gathering , ataupun sejenisnya dengan maksud dan tujuan tertentu. Baik itu yang melibatkan keluarga si karyawan sehinga disebut family gathering. Ada juga yang hanya diikuti oleh karyawan itu sendiri, baik satu perusahaan maupun per divisi. Apa Manfaat dan Tujuan Gathering ? Sebenarnya apa saja manfaat dan tujuan gathering / outing bagi sebuah instansi atau perusahaan ? Sepadankah dengan biaya yang dikeluarkan perusahaan? Disini kita mengulas secara ringkas mengenai gathering atau outing . Arti gathering atau outing adala

PERBEDAAN GATHERING, OUTING DAN OUTBOUND

Perbedaan Gathering, Outing dan Outbound . Saat ini seringkali kita jumpai kerancuan akan penggunaan istilah Gathering, Outbond dan Outing. Padahal ketiga istilah tersebut memiliki makna yang berbeda satu sama lain. 1. GATHERING Gathering merupakan suatu kegiatan untuk keluarga besar, komunitas, sekolah ataupun perusahaan yang diadakan pada waktu tertentu di satu lokasi baik di dalam maupun luar ruangan dengan tema yang telah disepakati, guna menjalin tali silaturahmi, membangun keakraban dan rasa kekeluargaan. Kegiatan ini secara fisik, pikiran, dan emosional tidak terlalu berat. Lebih dominan kepada unsur hiburan. Seperti misalnya bersama-sama berkunjung ke wahana wisata tertentu, makan bersama ditambah dengan hiburan musik, artis, ataupun permainan yang menyenangkan, dan lain sebagainya. Aktivitas yang dilakukan lebih tertuju pada aspek menyenangkan sehingga tidak membutuhkan persiapan khusus. Dilingkup perusahaan, gathering biasanya dibedakan lagi menjadi Employee Gatheri

VILLA LAGENTA | Villa Untuk Gathering Outbound di Lembang

Villa Lagenta Lembang. Mencari lokasi Villa dengan fasilitas lengkap banyak ditemui di Lembang. Mulai dari villa di Kawasan Istana Bunga Lembang, sampai dengan villa villa yang tersebar di beberapa sudut kota wisata Lembang, kini tersedia dengan berbagai pilihan. Ruang Makan Salah satu Villa yang direkomendasikan adalah Villa Lagenta Lembang. Akomodasi Villa di daerah Parongpong Lembang ini sangat cocok untuk kegiatan group seperti outing kantor, company gathering, reuni, arisan atau acara sekolah. Vila Lagenta - Lembang Villa Lagenta Lembang menyediakan fasilitas berupa ruang serbaguna yang dapat digunakan untuk meeting, area ruang makan yang luas, kamar tidur dengan konsep barak, lapangan terbuka yang luas. berikut ini fasilitas yang tersedia di Villa Lagenta Lembang. Penginapan konsep barak Ruang Multifungsi, yang dapat digunakan untuk kegiatan meeting Ruang Makan Area Api Unggun Area Terbuka Hijau yang cukup luas Area Parkir. Jasa Organizer, untuk group de

OUTBOUND MOTOR TRAIL DI LEMBANG | Wisata Seru di Bandung

Paket Wisata Motor Trail di Bandung . Bermain motor trail sambil berkegiatan offroad ? Paket offroad dengan kemasan wisata motor trail  saat ini jadi kemasan paket outbound offroad yang makin populer. Wisata motor trail ini menawarkan konsep outbound "out of the box" di Bandung. Sebelum membahas motor trail sebagai salah satu kemasan wisata paket baru di Bandung, baiknya kalian mengetahui apakah motor trail itu ? Apa bedanya dengan motocross. Motor Trail merupakan motor allroad atau dual sport. Karena Motor Trail bisa dipakai di jalan raya dan juga untuk offroad. Bagi orang awam, motor trail dan, motorcross, pasti terlihat sama saja karena memang sekilas bentuknya mirip. Dari segi penampilan, fisik ketiga jenis motor ini memang mirip misalnya body yang ramping dan tinggi, penggunaan spakbor yang khas, dan juga bunyinya yang nyaring. MOTOR TRAIL : BISA DIGUNAKAN DI JALAN RAYA Motor trail disebut juga dengan dual sport atau motor all road. Ini karena motor ini m

DAFTAR HOTEL DI BANDUNG | Untuk Acara Outbound Gathering

Daftar Hotel di Bandung. Untuk kegiatan outing Gathering ataupun Outbound, fasilitas penginapan hotel menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan anggaran. Bukan hanya harga hotel yang menjadi pertimbangan, fasilitas yang tersedia, aktifitas yang ditawarkan serta lokasi wisata terdekat juga menjadi bahan pertimbangan. Kota Bandung saat ini menawarkan banyak pilihan penginapan Hotel, mulai dari Hotel Bintang 1,2,3,4 sampai 5 sudah tersedia untuk memenuhi kebutuhan tamu group seperti Company Gathering, Meeting, Family Gathering, dsb. Berikut ini kami sampaikan beberapa daftar hotel yang ada di Bandung, semoga dapat mebantu Anda. 1. The Trans Luxury Hotel Berlokasi di Jalan Gatot Subroto 289, yang merupakan pusat kota Bandung, Hotel bintang 5 di Bandung ini mendapat predikat sebagai Hotel Bintang 5 di Bandung yang paling baik. Ada banyak variasi paket kamar yang ditawarkan, antara lain: premier room, premier room plus sarapan pagi, club premier, premier room plus 2 tiket Trans

3 PAKET OUTBOUND SIMULASI TEMPUR | Paintball, Airsoft Gun & Archery

Outbound dengan konsep simulasi perang. Aktifitas outbound team building dapat dikemas dengan berbagai methode, konsep fun games, methode thematic seperti amazing race - treasure hunt, atau dengan jenis permainan outbound dengan konsep strategi perang. Seebagai penyedia EO dengan permintaan cukup tinggi, EXXO INDONESIA menyediakan beberapa pilihan paket outbound dengan konsep simulasi perang. Jenis aktiftas outbound simulasi perang ini antara lain : 1. PAINTBALL OUTBOUND Paintball adalah suatu permainan dimana seorang atau kelompok pemain berusaha untuk mengalahkan pemain / kelompok lain dengan cara memberi tanda cat di tubuh lawan. Peluru cat yang digunakan harus terbuat dari bahan yang aman dan tidak beracun, sedangkan senjata yang digunakan untuk menembakkannya biasa disebut paintball marker atau paintball gun. Peralatan lain yang harus ada ialah masker pelindung wajah. Selain untuk permainan, teknologi Paintball juga digunakan sebagai simulasi / latihan militer yang lebi